Sunday, April 5, 2015

Akik dan karakteristiknya



AKIK (Gemstone)
Kenali secara detil!

Bumi Indonesia memiliki kekayaan alam yang tak ternilai harga dan begitu banyak ragamnya ... termasuk yang satu ini ... ya “batu akik”.
Begitu bervariasinya jenis-jenis batu akik atau yang dikenal dengan gemstone), mengakibatkan orang memberinya nama yang beragam, bahkan sering terjadi tumpang tindih penyebutan namanya, misalnya saja sekarang banyak penggemar batu akik yang menyukai black opal. Namun, perlu hati-hati, black opal yang dimaksud adalah sempur yang tiada lain adalah jenis batuan hasil fosilisasi tumbuhan yang mengalami petrifikasi atau pengisian oleh silikat (SiO2), atau istilah gemologi-nya carbonate petrified wood atau burnt petrified wood.
Sedangkan istilah black opal yang dikenal secara gemologis di dunia internasional adalah jenis batu akik kalimaya hitam. Jenis ini merupakan batuan yang terbentuk dari mineral silicon dioxide dengan pola kristal amorphouse. Berbeda dengan yang banyak disebut orang sebagai black opal (sempur) yang berwarna hitam mengkilat dengan bintik-bintik putih menghablur (jarong), black opal (kalimaya hitam) meskipun memiliki warna dasar sama-sama hitam, tetapi memperlihatkan permainan cahaya oleh kristal-kristal silikat di dalamnya.
 
Black opal (Kalimaya hitam)
Black opal (Sempur)

 Nah ... buat anda penggemar batu akik, sebaiknya kenalilah karakteristik setiap jenis batuan yang dapat dijadikan sebagai batu akik. Berikut ini adalah karakteristik fisika dan mineral sebagian dari jenis-jenis batu akik yang ada di Indonesia.































 

Semoga bermanfaat.
Post a Comment