Sabtu, 09 Maret 2013

Cluster Abell 68



cluster abell 68
Galaksi mirip rumah kaca



M31 (Galaksi Bima Sakti)
 Berbicara tentang galaksi, mungkin sebaian dari kita hanya mengenal galaksi Bima Sakti (The Milky Way) di mana bumi kita berada di dalamnya, atau beberapa galaksi lain yang menjadi tetangga galaksi Bima Sakti seperti Magelans dan beberapa galaksi lainnya.


Cluster Abell 68
Ada sebuah informasi dari NASA yang saya terima pada 5 Maret 2013, bahwa proyek pengamatan antariksa kerjasama antara NASA dan European Space Agency (ESA) berhasil mendeteksi sebuah galaksi lain dengan lebar bagian depan (bagian yang menghadap ke bumi) sekitar ini sekitar 2 miliar tahun perjalanan cahaya (1 tahun cahaya sekitar 150.000.000 km).
Galaksi itu diberi nama “Cluster Abell 68”. Seperti tampak pada gambar yang diambil dari pendaran inframerah kamera "Hubble's Wide Field Camera 3" dan dikombinasikan dengan kamera "Hubble's Advanced for Surveys". 
Medan gravitasi yang mengelilingi galaksi massive, cluster abell 68 ini, tampak seperti lensa alam di luar angkasa yang mempercerah dan memperbesar cahaya dari balik galaksi tersebut dengan jarak yang sangat jauh. Seperti pada “Rumah Kaca”, lensa ini menciptakan fantasi busur bentang alam jagat raya yang ada di beliknya.

Sumber: http://www.nasa.gov/mission_pages/hubble
 
Posting Komentar